Informasi Lengkap Wisata candi dieng wonosobo

Bosan dengan suasana kota dan udara yang panas ? Berwisata ke candi dieng saja! Anda akan disambut dengan kesejukan dan dinginnya suasana khas pegunungan.

Dieng merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Anda bisa berwisata di tempat favorit Anda mulai dari pegunungan, peninggalan sejarah, dan telaga, karena ini didataran tinggi jadi tidak ada pantai ya. Untuk sampai ke Dieng, Anda akan harus tahu kabupaten Wonosobo. Karena dieng berada di Wonosobo, namun sebagian wilayah Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara. Beberapa tempat wisata yang sudah terkenal yaitu, panorama golden sunrise bukit sikunir, gunung perahu, lalu ada peninggalan sejarah brupa berbagai macam candi dieng, dan baru baru ini ada perkebunan bunga yang berada tidak jauh dari Dieg tepatnya di Desa Kuripan, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang mulai ramai dikunjungi.

Wisata candi tergolong lama namun pesonanya tidak ada habisnya, sambil menikmati udara sejuk dan pemAndangan sekitar komplek candi yang indah. Sebenarnya komplek candi berdekatan dengan beberapa wisata lain yang ada di Dieng, seperti Kawah Sikidang, Telaga warna, Bukit Ratapan Angin. Setiap wisata yang disuguhkan kepada pengunjung selalu ramai, bahkan saat liburan jalan menuju Kawasan Dieng selalu macet. Jika ingin ke sini, segera agendakan liburan Anda.

Pesona Budaya Candi Dieng Wonosobo yang Menarik

Perlu diketahui bahwa candi ini merupaka peninggalan dari sejarah yang bermula dari sebuah kerajaan. Dieng memang penuh dengan misteri dan sejarah yang menajubkan. Selain itu, budaya di sana juga unik. Jika Anda beruntung Anda bisa menyaksikan potong rambut gembel, biasanya diadakan setahun sekali yang berlokai di kompleks candi dieng. Pesona budaya ini sangat diminati dan ramai pengunjung mulai dari domestik hingga mancanegara. Jika Anda ingin bertemu wisatawan mancanegara tak perlu jauh jauh, di Dieng pun banyak sekali. Tidak heran karena pesonanya memang sudah mendunia.

Sejarah Candi Dieng yang Perlu diketahui

Komplek candi di Dieng mrupakan candi Hindu, awal penemuan pada tahun 1814. Ketika dulu tantara Inggris ingin berwisata ke Dieng dan ternyata melihat pucuk atas candi yang tergenang air. Lalu mulai tahun 1856 mulailah dikeringkan dan dikeruk untuk memunculkan candi ke permukaan. Upaya ini dipimpin oleh BelAnda bernama Van Kinsbergen yang berawal dari sinilah banyak penemuan candi candi di Dieng. Di duga bahwa candi di Dieng dibangun pada abad ke 8 sampai 9 karena tidak ada sejarah tertulis yang menjelaskan peristiwa tersebut. Ada beberapa kompleks candi seperti Candi Arjuna, Semar, Sembadra, Srikandi, Puntadewa, yang berada di lokasi berbeda namun masih di Kawasan Dieng.

Rute Menuju Dieng

Lokasi candi dieng berada di Kabupaten Wonsoobo-Banjarnegara sehingga apabila Anda ingin berkunjung dapat melewati kedua Kota tersebut. Jarak dari kota ke Dieng dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Jarak yang sebenarnya tidak cukup jauh. Anda akan dimanjakan dengan pemAndangan hijaunya pegunungan disekitar kanan kiri jalan menuju dieng. Gunung mengeliling yang menjulang tinggi dan udara sejuk menemani perjalanan Anda. Jalan yang akan dilewati menanjak dan berkelok tajam dengan pinggir jalan terdapat jurang yang cukup curam, jadi hati hati jika berkendara sendiri menggunakan sepeda motor. Pastikan bahwa kendaraan Anda mampu melewatinya.

Bagi Anda touris domestik maupun mancanegara jika membawa kendaraan sendiri atau bersifat rombongan Anda dikenai tarif wisatwan di daerah tol desa kalijeruk sebesar 10000/kendaraan. Untuk masuk ke Kawasan candi dikenai biaya 15000/orang.

Menarik bukan wisata candi dieng yang dapat Anda kunjungi, wisatawan asing saja banyak yang kesana dan sudah mengenal dieng. Masa Anda yang asli Indonesia apalagi Jawa Tengah belum pernah berkunjung bahkan tidak tahu lokasinya. Lestarikan lingkungan, jaga aset kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *