Informasi Lengkap Wisata candi sewu klaten

Jika ingin berwisata menikmati alam, sekaligus mengenal sejarah dan mengetahui peninggalan jaman dulu, Anda bisa berkunjung ke candi sewu yang berada di Kleten, Jawa Tengah.

Banyak sekali potensi wisata yang ada di Indonesia dan bisa idinikmati leh wisatwan domestic maupun luar negeri, terutama wisata yang ada di pulau jawa. Pulau yang menjadi pusat peradaban dan pusat pemerintahan Indonesia ini memang memilik sejuta pesona dengan teknologi untuk mengembangkan suatu objek menjadi wisata dan edukasi. Salah satu yang dapat dijadikan destinansi wisata pulau jawa adalah Klaten, yang merupakan kabuten di jawa tenagh yang menyimpan bukti sejarah yang unik bagi pecintanya.

Bagi yang menyukai candi, di sini ada candi sewu dan pengunjung bisa melihat dan bereliling disekitar komplek candi. Situs bersejarah ini berada di kwasawan Desa Bugisan. Sebuah karya dari tangan jaman dulu yang belum mengenalteknologi modern seperti sekarang namun telah menghasilkan sebuah bangunan yang kokoh hingga berabad abad lamanya. Adapula candi lain, yaitu candi plaosan yang tek kalah  keindahannya.

Riview Candi Sewu Klaten untuk Menambah Pengetahuan Anda

Seperti halnya candi candi yang ada di pulau jawa, candi sewu di klaten ini memiliki keindahan dan legenda yang unik untuk diceritakan. Candi dibangun pada abad ke 8 masehidengan perpaduan antara hindu dengan buda yang mejadikannya memiliki interior yang unik dan relief yang menarik. Letak lokasi candi sewu di Dukuh Bener, desa bugisan, kecamatan prambanan, kabupaten klaten yang memiliki jarak 800 meter dari candi prambanan. Jika Anda berkunjung ke prambanan sempatkan waktu untuk mampir dan menikmati suasana dan keindahan berbeda dari candi ini.

Candi ini berdekatan dengan candi prambanan, jika Anda ingin berkunjung dan tidak mau jalan kaki di sini menyediakan sewa sepedadengan harga sewa hanya 10.000 atau bisa dengan kereta kelinci dengan harga sewa 7.500. untuk tiket masuk ke komplek candi sewu, gratis lo. Karena sudah menjadi satu dengan tiket masuk ke candi prambanan jadi saying sekali jika hanya berkeliling di candi prambanan saja tanpa ke candi lain yang ada di sekelilingnya. Walaupaun candi dengan nama sewu ini kurang terkenal jika dibanding dengan prambanan namun keindahannya tidak kalah saing. Anda bisa berfoto dengan latar yang berbeda dengan akulturasi bentuk candi antara candi hindu dan candi budha.

Sejarah Candi Sewu yang menjadi Misteri

Cerita yang ada di masyarakat menyebutkan bahwa pembangunan candi sewu sama hal nya dengan terbentuknya candi prambanan. Namun, candi ini dikisahkan berada di sekitar candi 1000 yang dibuah oleh Bandung Bondowoso sebagai permintaan dari Roro Jonggrang. Sejarah menyetakan candi ini peninggalan dari kerajaan matarram yang di bawah pemerintahan Raja Rakai Panangkaran, dibangun pada abad ke 8, Raja Rakai menikahi seorang putri dari dinasti Syailendra yang beragama budha bernama Pramordhawrdhani. Dari pernikahan tersebut terjadilah akulturasi budaya antara hindu dan budha. Kedamian toleransi beragama dan kehidupan masyarakat lainnya terasa oleh rakyat hingga terbentuklah candi ini sebagai bukti sejarah toleransi Bergama yang dilakukan akibat pernikahan hindu dan budha. Dari pernyataan di atas ada dua versi yang menyatakan ejarah dari candi yang terkenal ini. Namun perbedaan tersebut tidak mengurangi keindahan candid an tetap menjadifavorit para pengunjung.

Demikian sekilas info tentang candi sewu yang dapat menjadi selingan pada saat Anda berkunjung ke prambanan, kan bayar tiket masuknya sudah menjadi satu dengan prambanan jadi saying kalau tidak mampir dan melihat candi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *